Kritik Dan Saran

Sparkline 2768885

Facebook Profile

Multicursor - Busy

PRINSIP KERJA KARBURATOR


  • Tekanan atmosfir
  • Kevakuman
  • Prinsip kerja venturi
1. Tekanan atmosfir
Tekanan atmosfir adalah tekanan udara yang berada disekitar kita.

2. Vacum
Vacum adalah keadaan tidak ada udara sama sekali/hampa dalam satu ruangan tertutup.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqsdU6z5TdnJh5EZt7SYbgGh222DrL0fhcINxgHwgJw9oPHJwTGd4ckWKQwS54NqhL0on6VC_leHmbdxTBWBKETBmFjMiM8_yEJbSsNTwX3dNy1OBSDNkO1hI4jhsmThNarxGQe9pg06c/s320/gerakan+piston+saat+langkah+isap+menimbulakan+kevakuman.PNG
Gerakan Piston Saat Langkah Isap Menimbulkan Kevakuman
3. Venturi
Venturi adalah penyempitan suatu ruangan sehingga tekanan udara menurun, sebaliknya kecepatan udara menjadi naik.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQqTQP2hOSIjQteEA44bZUg715g5_Ceo9RhcRWcKCUMCnXXXDZInLsS5BVYZYcRd4rLsrAKkEivrHcR1s5KUEm-vE1eY5Ul1EojAvlo3JQQt9HzwAiQa_REkv2uU0Fpawbljp51lM5TK4/s320/Tekanan+rendah+pada+venturi+mengisap+bahan+bakar+dr+ruang+bakar.PNG
Tekanan Rendah Pada Venturi Menghisap Bahan Bakar dari Ruang Bakar

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg24vxgkzFKAh-TpcjEaRtNtueo5BV4gVpvkg3UoTNOSefN1pBDI1ZGiunU6jgCbjveDXCWCZ9OLLK5UeIkocVg6sOuG0WgkVfy3SEcOohdTEod8rRuB11toCtotQNg7xstIUQKi54NFrg/s320/venturi+dibentuk+berdasarkan+ketinggian+piston+valve.PNG
Venturi Dibentuk Berdasarkan Ketinggian Piston Valve/throtle Valve


BAGIAN-BAGIAN KARBURATOR


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf168doFgVSMYpGJn8f5-jkHd55_q3cEJehJMEOMbBRCn4L2jS3saD19C1jUq41_ei_ehYcJlPeGv7NVTHOcJ02dQrYverczxx6VH_LT8yQExdglbDkXH5WrTcCIVVn9IAPVE8Z95RNp8/s400/Komponen-komponen+karburator.PNG
Komponen-Komponen Karburator
  • Ruang bakar
  • Choke valve
  • Piston valve
  • Main jet
  • Slow jet
  • Piston valve screw
  • Pilot screw
  • Pompa akselerasi
1. Ruang bakar
Ruang bakar pada karburator adalah ruangan untuk menampung bahan bakar.
Volume bahan bakar di dalam ruangan bahan bakar dikendalikan oleh pelampung dan jarum pelampung.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAoJQls1bNyfM2lfeoamk7G2mYVaH3jr6NGaw-1yZiuDlPBm1aWaudmd8VgDIb8M5rvqg-rmlbc8oaDvoLlGQvN6_76o2iqVXGGPjrnvu1epN6JcjIX0AHZ9XqQ58aEVf-Ffn6RhR-ngA/s320/Ruang+bahan+bakar.PNG
Ruang Bahan Bakar
2. Choke valve
Berfungsi untuk memperkaya bahan bakar, terutama pada saat mesin dalam kondisi dingin.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEic2uTGiiqk3J8Y1wi_ef0IrRajEbS82zhoSQoExcrtc7ssAzCHMiY0MPkqhqSQy2QaEtJ5DoClXImWuPtDORrdlrM8oXewf7mZ9oVXX6PKkwlbxFCtBQRxJxJyEi7CPaN_-lxfO_Z1jog/s320/Choke+valve.PNG
Choke Valve
3. Piston valve
Berfungsi untuk :
  • Merubah putaran mesin
  • Mempertahankan kecepatan mesin (kendaraan) pada beban yang berbeda
  • Dilengkapi dengan jarum skep/jet needle untuk mengatur bahan bakar yang keluar dari saluran utama.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRxRwHKkCV3jQb5t4hTlM18wUN9JGmEu9en0Fe-p0Ogpqrr6f3Y5gwzCme_-C-8JCQ_ctIPFUkRoKb-0JDg_4OmzHRQGi6qGDpCeAu2Ne7iFW47xxmzqJXpcmnd79fxVEnuLRXo1tspCc/s400/piston+valve.PNG
Piston Valve
4. Main jet
Main jet berfungsi untuk menyuplai bahan bakar yang sesuai pada berbagai tingkat kecepatan mesin.
 5. Slow jet
Berfungsi untuk menyuplai bahan bakar kedalam silinder pada saat putaran mesin langsam.

6. Piston valve screw
Berfungsi untuk mengatur besar kecilnya posisi piston valve (gas) pada saat mesin pada putaran langsam

7. Pilot screw
berfungsi untuk mengatur jumlah aliran udara untuk mendapatkan campuran yang tepat pada saat putaran langsam

8. Pompa akselerasi
Berfungsi untuk menambah bahan bakar saat mesin mengalami perubahan kecepatan putaran, dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi.
Penambahan bahan bakar diperlukan karena pada saat piston valve terangkat, kevakuman akan turun sehingga suplai bahan bakar akan berkurang.

CARA KERJA KARBURATOR PADA PUTARAN LANGSAM/IDLE SPEED
  • Piston valve tertutup, udara mengalir melalui slow air bleed menuju saluran slow jet.
  • Udara bercampur dengan bahan bakar dari saluran slow jet menuju ruang bakar.

CARA KERJA KARBURATOR PADA PUTARAN MENENGAH
  • Saluran venturi yang terbentuk setengah dari venturi maksimum.
  • Udara mengalir melalui saluran venturi dan slow air bleed.
  • Jarum skep/jet needle terangkat mengikuti pergerakan piston valve.
  • Bahan bakar mengalir melalui main jet dan slow jet.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlgaG_Sx6v5qfEpI-JVPP3YTY8y9_UtvhmbSHpXPgnp9MzwK4lcf6htkjXbCdREN4a3CXB9kpdVU_-CGhxoGI89og3eFJrMhALX1DLG4unGgvANE10zmgeZI_YrUct02Lh6EJtq-FdEfk/s320/Aliran+udara+dan+bahan+bakar.PNG
Aliran Udara dan Bahan Bakar

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPuc9tJsQs_s05z3j2ofQz4zgEAGJL_Lqnr39-XeBHjGv7UQTPxAfTEEiY_4Il_BC-AfXbuXCWMyYDlUWgkw1EOadOBSsqgTyAnSWrl9kDUJ5EfQBzGWRsQNjXaJSpH5jpBClqBm4NOyQ/s320/Posisi+jet+needle+terhadap+main+jet.PNG
Posisi Jet Needle terhadap Main Jet

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjznK0bdn78eqnzXv6R-CeB6lX5XmyoCqKm3DuKNZhVcMHVy0sT28dMp-YWKecKA7CvU69haeecOvmC-e440rN5nIHz0gvcm7nMDYnIcrrTBn_ia8tDgaxCHFrU9Jg0OgCfNuYSHAqUY8/s320/Posisi+klip+yang+dapat+dipindah-pindahkan.PNG
Posisi Klip yang dapat Dipindah-pindah

CARA KERJA KARBURATOR PADA PUTARAN TINGGI
  • Piston valve terbuka penuh
  • Jarum skep terangkat seluruhnya
  • Udara mengalir seluruhnya melalui venturi dan main air bleed
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaiti1oC0vPJcytnHmM5IN1WIzfMXluZVXIVBHQhivgh-N91pSroLbm9Upk0ba7xPg9ElRmITuvinKNQjYFx1etrVxcpbAvMb0k8Wj-qoEmgGAd4D-KhSuhfdrKzwNxdanOXjW5MmWDu0/s320/Suplai+bahan+bakar+melalui+main+air+bleed.PNG
Suplai Bahan Bakar Melalui Main Air Bleed

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj62xz4yc8q2WQ1K03VxN1UvL-eqhur8-O5YEI1d_hfxdLVkOB_RwMMLoHMRWy7P_8zwb3aIjU07bb9HmcL0Czn2OXLjmcb_pa1vbas95YS7Z1dcXcj-t6dpBABftCk0TS2atyKAU39qf8/s320/Kerja+main+air+bleed+saat+piston+terangkat+penuh.PNG
Kerja Main Air Bleed Saat Piston Terangkat Penuh

KOMPONEN YANG AKTIF PADA SAAT PUTARAN TINGGI
  • Venturi maksimum
  • Jet needle terangkat penuh
  • Saluran utama (main jet)
  • Main air bleed

KARBURATOR TPFC
Menyuplai bahan bakar tambahan untuk menghindari penurunan tenaga mesin.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsK6q_82pbmihAxMJHTrYvLRvvUZK8pXVYj1cECNSL-XQ7Z52XNpUfF7FYIAcdvWDRuAlM4h8GI7pXPH0wEYAka21i7-5zkDeEzqhQa7pfEksvcQXWtUkL_iCAU3uiob9hOyAV89kbnxU/s400/Cara+kerja+karburator+TPFC.PNG
Cara Kerja Karburator TPFC

KARBURATOR ACV
Untuk mencegah terjadinya ledakan pada knalpot pada saat putaran mesin turun dari rpm tinggi ke rpm rendah.
Bagian-bagian ACV :
  • Membran, berfungsi untuk menutup dan membuka katup saluran udara yang menuju ke slow jet.
  • Saluran udara untuk vakum, berfungsi mengalirkan kevakuman menuju membran
  • Saluran udara ke spuyer kecil (slow jet), berfungsi untuk menambah campuran udara yang diproses oleh slow jet.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_BuSddlTFCey3KtIXn2pg4RAjdUI0NYthZ2tTxhQf3EpK1sPPjG2G8DiIfXdV-9sSey2d8WtEaAuzCsCsatehcPlhJPYzf3RcS0xS0XERqtFssEH-GQ3hqjobVYoZUApfFKgMezGLlzc/s320/Prinsip+kerja+ACV.PNG
Prinsip Kerja ACV


Related Post:


Facebook Comments
0 Blogger Comments




Menari Semua

Pageviews

Label

Followers

Recent Comment

Hak setiap isi sudah di sahkan oleh Undang-Undang. Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

i

Label

Recent Comments

VIP

VIP

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Popular Posts

Pengikut