- Tekanan atmosfir
- Kevakuman
- Prinsip kerja venturi
1.
Tekanan atmosfir
Tekanan atmosfir adalah tekanan
udara yang berada disekitar kita.
2. Vacum
Vacum adalah keadaan tidak ada udara sama sekali/hampa dalam satu ruangan tertutup.
2. Vacum
Vacum adalah keadaan tidak ada udara sama sekali/hampa dalam satu ruangan tertutup.
3.
Venturi
Venturi adalah penyempitan suatu
ruangan sehingga tekanan udara menurun, sebaliknya kecepatan udara menjadi
naik.
BAGIAN-BAGIAN KARBURATOR
- Ruang bakar
- Choke valve
- Piston valve
- Main jet
- Slow jet
- Piston valve screw
- Pilot screw
- Pompa akselerasi
1.
Ruang bakar
Ruang bakar pada karburator adalah ruangan untuk menampung
bahan bakar.
Volume bahan bakar di dalam ruangan bahan bakar dikendalikan oleh pelampung dan jarum pelampung.
Volume bahan bakar di dalam ruangan bahan bakar dikendalikan oleh pelampung dan jarum pelampung.
2.
Choke valve
Berfungsi untuk memperkaya bahan
bakar, terutama pada saat mesin dalam kondisi dingin.
3.
Piston valve
Berfungsi untuk :
- Merubah putaran mesin
- Mempertahankan kecepatan mesin (kendaraan) pada beban yang berbeda
- Dilengkapi dengan jarum skep/jet needle untuk mengatur bahan bakar yang keluar dari saluran utama.
4.
Main jet
Main jet berfungsi untuk menyuplai bahan bakar yang sesuai
pada berbagai tingkat kecepatan mesin.
5.
Slow jet
Berfungsi untuk menyuplai bahan
bakar kedalam silinder pada saat putaran mesin langsam.
6. Piston valve screw
Berfungsi untuk mengatur besar kecilnya posisi piston valve (gas) pada saat mesin pada putaran langsam
7. Pilot screw
berfungsi untuk mengatur jumlah aliran udara untuk mendapatkan campuran yang tepat pada saat putaran langsam
8. Pompa akselerasi
Berfungsi untuk menambah bahan bakar saat mesin mengalami perubahan kecepatan putaran, dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi.
Penambahan bahan bakar diperlukan karena pada saat piston valve terangkat, kevakuman akan turun sehingga suplai bahan bakar akan berkurang.
CARA KERJA KARBURATOR PADA PUTARAN LANGSAM/IDLE SPEED
6. Piston valve screw
Berfungsi untuk mengatur besar kecilnya posisi piston valve (gas) pada saat mesin pada putaran langsam
7. Pilot screw
berfungsi untuk mengatur jumlah aliran udara untuk mendapatkan campuran yang tepat pada saat putaran langsam
8. Pompa akselerasi
Berfungsi untuk menambah bahan bakar saat mesin mengalami perubahan kecepatan putaran, dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi.
Penambahan bahan bakar diperlukan karena pada saat piston valve terangkat, kevakuman akan turun sehingga suplai bahan bakar akan berkurang.
CARA KERJA KARBURATOR PADA PUTARAN LANGSAM/IDLE SPEED
- Piston valve tertutup, udara mengalir melalui slow air bleed menuju saluran slow jet.
- Udara bercampur dengan bahan bakar dari saluran slow jet menuju ruang bakar.
CARA KERJA KARBURATOR PADA PUTARAN MENENGAH
- Saluran venturi yang terbentuk setengah dari venturi maksimum.
- Udara mengalir melalui saluran venturi dan slow air bleed.
- Jarum skep/jet needle terangkat mengikuti pergerakan piston valve.
- Bahan bakar mengalir melalui main jet dan slow jet.
CARA KERJA KARBURATOR PADA PUTARAN TINGGI
- Piston valve terbuka penuh
- Jarum skep terangkat seluruhnya
- Udara mengalir seluruhnya melalui venturi dan main air bleed
KOMPONEN YANG AKTIF PADA SAAT
PUTARAN TINGGI
- Venturi maksimum
- Jet needle terangkat penuh
- Saluran utama (main jet)
- Main air bleed
KARBURATOR TPFC
Menyuplai bahan bakar tambahan untuk
menghindari penurunan tenaga mesin.
KARBURATOR ACV
Untuk mencegah terjadinya ledakan
pada knalpot pada saat putaran mesin turun dari rpm tinggi ke rpm rendah.
Bagian-bagian ACV :
Bagian-bagian ACV :
- Membran, berfungsi untuk menutup dan membuka katup saluran udara yang menuju ke slow jet.
- Saluran udara untuk vakum, berfungsi mengalirkan kevakuman menuju membran
- Saluran udara ke spuyer kecil (slow jet), berfungsi untuk menambah campuran udara yang diproses oleh slow jet.
Evolutions Backlinks ™
URL |
Code For Forum |
HTML Code |